SILABUS PAK DI SEKOLAH
PROGRAM S2 MPd
Pascasarjana STTSU Medan 2017
NAMA MATA KULIAH : PAK DI SEKOLAH
KODE MATA KULIAH :
KELOMPOK MATA KULIAH : MKB
SKS :
2
STANDAR KOMPETENSI : Mahasiswa memiliki kemampuan memahami dasar teologis dan filosophis dan pengembangan PAK di sekolah dan mampu mengidentifikasi, melakukan analisis, dan mengaplikasikan PAK di sekolah,
KOMPETENSI DASAR :Mahasisawa mampu memahami
hakekat tujuan dan landasan Teologis, dan Filosofis PAK di sekolah. Mahasiswa mengetahui sejarah PAKsejarah perkembangan PAK di sekolah, PAK dalam Kurnas,
Pendekatan, strategi, metode,
kegiatan pembelajaran serta penilaian dalam PAK di sekolah.
Deskripsi
: Mata kuliah Pendidikan Agama Kristen di Sekolah adalah satu dari sejumlah
mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa Pascasarjana Program Magister Pendidikan Agama Kristen di
STTSU. PAK di sekolah meliputi pemahaman akan Pengertian, hakekat dan
fungsinya, Dasar-Dasar Teologis dan
Philosophis eksistensi PAK itu sendiri,
PAK dalam Kurikulum Nasional, pendekatan, strategi, metode, kegiatan
pembelajaran serta penilaiannya.
GARIS BESAR PROGRAM
PENGAJARAN
POKOK BAHASAN DAN SUB POKOK
BAHASAN
1.
Pengertian
a) hakekat,
b) tujuan
c) Fungsi
d) ruang lingkup PAK
2.
PAK dan PWG
3.
Sejarah PAK dan Setting-settingnya
4.
Teologi dan Filosophi PAK
5.PAK Dalam Lampiran Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006
6.
PAK dalamKurnas
A. Strategi
Pendidikan Masa Kini
§ Prinsip
Belajar
B. Kompetensi
Dalam PAK
a) Ciri-ciri
seorang yang berkompeten
b) Kompetensi
Dasar PAK (lihat buku Pedoman utk Guru
PAK hal 29)
c) Kompetensi
per satuan jenjang pendidikan (TK-PT)
d) Tujuan
Materi PAK pada setiap jenjang sekolah
7. Strategi Pembelajaran
PAK di Sekolah
A. Pendekatan
B. Strategi
Penyusunan Program Pembelajaran PAK
C. Penyajian
Program Pembelajaran PAK
D. Metode
Pembelajaran PAK
E. Penilaian
Pembelajaran PAK
8.Media PAK
9. Profesionalitas Guru PAK
10.Mengenal Secara Singkat Pendidikan Agama Kristen
(PAK) Di Sekolah Dan Perguruan Tinggi Di Indonesia
Tugas Mahasiswa : Membuat
makalah dengan judul sbb :
1.Masalah-masalah PAK di
Sekolah
2. Tinjauan Kritis Terhadap
Pelaksanaan PAK di TK
3. Tinjauan Kritis Terhadap
Pelaksanaan PAK di SD
4. Tinjauan Kritis Terhadap
Pelaksanaan PAK di SMP
5. Tinjauan Kritis Terhadap
Pelaksanaan PAK di SMA/SMK
6. Tinjauan Kritis Terhadap
Pelaksanaan PAK di PT
SYARAT PEMBUATAN
MAKALAH :
1. Diketik
dengan Times New Roman font 12, spasi 1 ½. Kertas kuarto A4, jumlah halaman 15-20.
2. Memiliki
minimal 10 buku refrensi utama (selain dari
internet, Alkitab, kamus/ensiklopedia) sesui dengan topic bahasan.
Memakai foot note.
3. Ditulis
dengan sistematis, analitis kritis,
menuangkan ide gagasan sebagai solusi, cara, langkah, yang relevan, konkrit,
terukur bagi konteks dan problematika
PAK di sekolah.
4. Diserahkan
pada tanggal 2017 Saat awal perkuliahan
untuk berikutnya ? atau kirim ke email : albetsaragih@gmail.com
5. Hanya
yang memenuhi persyaratan di atas yang
dinyatakan lulus matakuliah ini.
EVALUASI PENILAIAN:
1.
Tugas-tugas = 40%
2.
Ujian Mid Semester 40%
3.
Ujian Final 20%.
4.
Untuk
MK ini, nilai Mid Semester (40 %) ditambahkan dengan nilai tugas (40%) =
menjadi 80 % dengan ketentuan berlaku.
Kehadiran bukan dasar penilaian akan tetapi
persyaratan untuk dapat dinilai.
Kurang dari 75 % tidak dapat mengikuti ujian.
Perhitungan kehadiran : 1 hari perkuliahan = 4 x tatap
muka.
Tidak hadir 1 hari maka tidak dapat memenuhi
persyaratan ujian.
4 x tatap muka tidak hadir maka tidak dapat memenuhi
persyaratan untuk ujian.
Medan,
10 Oktober 2017.
Diketahui Dosen
Pengampu MK
Ketua Prodi Pascasarjana S2 PAK
Dr.Albet
Saragih, MA, M.Pd.K Dr.Albet Saragih, MA, M.Pd.K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar