Kamis, 29 Maret 2012

Pengertian PAK

1.Defenisi PAK
Pendidikan Agama Kristen yang disingkat dengan PAK, sudah umum dikenal dalam dunia ilmu Theologia .Secara umum ilmu ini belumlah berdiri sendiri, melainkan salah satu bagian  dari sekumpulan ilmu dalam kelompok ilmu Praktika.
Pentingnya PAK
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, di lembaga pendidikan formal maupun nonformal serta masyarakat1 Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
PAK adalah usaha gereja untuk membina kehidupan iman dari anggota-anggotanya dan semua orang yang dipercayakan kepada pemeliharaan gereja dari semua golongan umur dengan berbagai cara dan bentuk, misalnya dengan pengajaran dan latihan keterampilan demi terwujudnya iman Kristen dalam kehidupan mereka.
Dari rumusan di atas, dapat kita pahami  secara substansial bahwa PAK itu adalah usaha gereja.Artinya pembelajaran PAK itu adalah tanggung jawab sepenuhnya dari gereja sebagai pemegang amanat Agung Tuhan Yesus  (Mat 28 :19-20), baik pembelajaran PAK yang terlaksana di gereja lokal, di dalam keluarga, maupun konteks masyarakat dan sekolah. Gereja tidak dapat melepaskan diri dari tanggung jawabnya terhadap hal ini. Kalau di Indonesia , pembelajaran PAK menjadi bagian dari Kurikulum Pendidikan Nasional, sehingga dalam pelaksanaannya  pemerintah Indonesia menjadi mitra gereja dalam mewujudkan amanat dimaksud.
Menurut rumusan redaksi PAK – PGI :
a. PAK adalah usaha sengaja gereja untuk menolong orang dari semua golongan umur yang dipercayakan kepada pemeliharaannya untuk menjawab penyataan Allah dalam Yesus Kristus, Alkitab dan kehidupan Gereja, supaya mereka di bawah pimpinan Roh Kudus dapat diperlengkapi guna melayani Tuhan di tengah-tengah keluarga, gereja, masyarakat, dan dunia alam.
b. PAK adalah kegiatan yang berusaha atau bertujuan untuk mengembangkan seluruh potensi (kemampuan)  anak didik (baik anak-anak maupun dewasa) kepada ketaatan dan pengabdian kepada Allah dan FirmanNya sesuai dengan ajaran agama Kristen yang berdasarkan Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru).  Ketaatan dan pengabdian mana dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam keluarga, sekolah, tempat bekerja, Gereja, jemaat maupun di dalam masyarakat pada umumnya 2

Pengertian & Dasar PAK
A. Pengertian PAK


Hakikat PAK adalah usaha yang dilakukan secara kontinu dalam rangka mengembangkan kemampuan pada siswa agar dengan pertolongan Roh Kudus dapat memahami dan menghayati kasih Allah di dalam Yesus Kristus yang dinyatakannya dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkungan hidupnya.


3 komentar:

  1. Terima Kasih Pak Albet
    Sangat Membantu..

    Kalau Boleh tahu, referensi Rumusan redaksi PAK-PGI apa ya Pak?

    BalasHapus
  2. mksh banyak pak, tpi klw bsa sertakan pustakanya yaaa

    BalasHapus